Unknown
Dapur adalah tempat yang sangat menakjubkan. Hampir seluruh kegiatan dilakukan ditempat ini, mulai dari memasak, mendinginkan, mencairkan, mencampur bahan dan segalanya. Tapi tahukah bahwa dapur juga menyimpan misteri yang tidak selalu ibu-ibu mengetahui jawabannya?
Kali ini saya akan mengungkap beberapa misteri disekitar dapur. Kesannya sepele, tapi apakah anda tahu apa jawabannya?
Simak 5 Faktun di dapur berikut ini
Baca selanjutnya
1. Putih dan merah, tapi sama dagingnya
Pernah memakan ikan? tentu saja hampir semua orang memakan daging ikan. Pernahkah kita perhatikan bahwa daging ikan tidak se-merah daging sapi atau daging-daging lainnya? mengapa hal ini terjadi?

Daging ikan berwarna putih bukan semata-mata karena ikan hidup di air dan membuatnya bersih selalu. Daging ikan memiliki darah yang sedikit dan yang sedikit itu terpusat di insang. Mencuci darah dari hewan ini sangatlah mudah. Kemudahan ini terkait dengan aktivitas otot ikan yang berbeda dengan di darat. Karena otot ikan dirancang untuk kontraksi yang cepat dan singkat, maka ototnya tidak memerlukan cadangan oksigen. Sebagaimana kita ketahui, hewan darat yang berkontraksi lambat memerlukan cadangan oksigen dalam bentuk mioglobin. Mioglobin inilah yang membuat daging berwarna merah.

2. Melelehkan garam=melelehkan dapur 
Melelehkan gula adalah hal mudah. Jika kita pernah membuat permen atau karamel, saat itulah kita melelehkan gula. Tapi pernahkah kita melelehkan garam (hanya garam) hingga mencair? mengapa gula lebih mudah meleleh daripada garam?

Jika ingin mencoba melelehkan garam, anda harus memanaskan panci berisi garam hingga temperatur 801 derajat celcius. Sebelum anda sempat melelehkan garam, dapur anda akan meleleh lebih dahulu.
Ketika meleleh, molekul-molekul benda akan berlarian kesana kemari, semakin panas, semakin kuat mereka dan makin mudah mereka berkeliaran kemanapun yang mereka mau: benda tersebut sudah menjadi zat cair. Molekul organik yang memiliki ikatan lemah akan lebih mudah mereka berlarian kesana kemari dan akan lebih mudah juga mereka meleleh. Itu sebabnya mereka lebih mudah meleleh pada temperatur lebih rendah dari bahan anorganik.
Gula adalah senyawa organik yang memiliki molekul netral. Sementara garam adalah senyawa anorganik yang terbentuk dari ion natrium dan ion klorida (NaCl), karena itu garam lebih susah meleleh daripada garam.

3. Secangkir lebih banyak daripada dua cangkir
Cobalah! larutkan dua cangkir gula kedalam satu cangkir air. Gula akan larut dalam air dengan mudah. Bagaimana bisa?

Alasan mudah untuk jawaban diatas: molekul gula dapat menyisipkan diri kedalam ruang-ruang kosong diantara molekul air. 
Pada dasarnya, molekul air tidaklah bertumpuk secara acak, mereka lebih tepat jika dikatakan "terhubung". Molekul ini seolah-olah terhubung dengan benang tak kasat mata. 
Kenyataannya, dua cangkir gula tidak berisi sebanyak kelihatannya. Molekul gula jauh lebih berat dan lebih besar dari molekul air, jadi jika kita membanding banyak air dan gula pada berat dan volume yang sama, jumlah air akan lebih banyak dari gula. Perbandingan ini setara dengan satu cangkir gula sama dengan satu per dua puluh lima molekul air dalam cangkir yang sama. Artinya, ketika melarutkan dua cangkir gula kedalam satu cangkir air, untuk setiap dua puluh lima molekul air hanya tersedia satu molekul gula.
Jadi satu cangkir lebih banyak bukan, daripada dua cangkir.

4. Mengangkat bayam dengan magnet
Siapa yang tidak kenal dengan kartun popeye? pria perkasa yang menjadi kuat karena memakan bayam. Bayam adalah salah satu sayuran hijau yang mengandung zat besi. Jadi, apakah kita bisa mengangkat bayam dengan magnet?

Tentu saja tidak, besi bersifat magnetik bila berwujud logam, tapi tidak jika bergabung secara kimiawi dengan unsur-unsur lain. Contohnya saat sebuah besi berada dalam sebuah senyawa kimia seperti karat, dia tidak lagi magnetik. Sama halnya dengan bayam, besi dalam bayam tidak terbentuk dari serpihan-serpihan logam, besi itu tersimpan dalam senyawa kimia yang komplek dan tidak bersifat magnetik.

5. Mencair dengan dingin
Jika kita mencoba mencairkan sekotak makanan beku ke dalam air yang temperaturnya lebih dingin daripada udara, menurut anda, mana yang lebih cepat cair? di dalam air atau dibiarkan ditempat terbuka?

Air, itulah jawaban yang tepat. Meskipun air lebih dingin daripada udara, tapi kita dapat mencairkan kotak yang membeku lebih cepat dengan air. Bagaimana bisa? air dapat merambatkan panasnya-atau mengambil dingin-lebih cepat ke kotak makanan daripada udara .

Itu tadi beberapa fakta unik di sekitar dapur kita. Semoga dapat bermanfaat dan menambah ilmu.
Label:
0 Responses

Posting Komentar