Unknown

Dodo (Raphus cucullatus) adalah burung yang tak dapat terbang yang pernah hidup di Pulau Mauritius. Burung ini berhubungan dengan merpati. Burung ini memiliki tinggi sekitar satu meter, pemakan buah-buahan, dan bersarang di tanah.
Dodo punah antara pertengahan sampai akhir abad ke-17 Kepunahannya sering dijadikan arketipe karena terjadi dalam sejarah manusia dan akibat aktivitas manusia.
Sampai tahun 2007, hanya fragmen kerangka dodo yang tersedia. Namun, dengan penemuan kerangka lengkap oleh beberapa petualang di sebuah gua di Mauritius pada tahun 2007, kini sedang diperkirakan bahwa burung itu berdiri sekitar 3 meter.

Kepunahan burung ini karena banyak bagian tubuh dan bulu burung dodo yang dijadikan perhiasan oleh pelaut yang singgah disana (pulau mauritius).
Manusia pertama yang mendatangi Mauritius membawa binatang baru, seperti anjingbabikucingtikus, dan kera pemakan kepiting yang menghancurkan sarang dodo, sementara manusia menghancurkan hutan tempat dodo tinggal. Kini, dampak dari binatang-binatang itu—terutama babi dan kera—pada kepunahan dodo dianggap lebih berpengaruh dibanding pengaruh dari perburuan. 
Semula hanya sedikit yang memerhatikan burung yang punah ini. Pada awal abad ke-19, burung ini dianggap sebagai makhluk yang aneh dan banyak yang menganggapnya hanya mitos. Dengan penemuan serangkaian tulang dodo di Mare aux Songes dan laporan yang dibuat oleh George Clark mulai tahun 1865, minat terhadap burung ini mulai bertambah. Dalam tahun yang sama dengan dimulainya publikasi laporan Clarke, burung yang baru punah ini dijadikan salah satu karakter dalam ceritera Alice's Adventures in Wonderlandhasil karya Lewis Carroll. Dengan populernya buku tersebut, dodo jadi banyak diketahui dan mudah dikenali sebagai ikon dari kepunahan.
Src: Wikipedia 
Label:
0 Responses

Posting Komentar