Unknown
Warna bukan lagi hal yang asing bagi kita. Bermacam-macam warna telah kita kenal sejak kita mulai bersekolah. Namun, pernahkah kita bertanya pada diri sendiri, apakah warna itu benar-benar ada? bukankah warna dasar hanya ada 3, lalu bagaimana warna lain bisa terbentuk hanya dengan mencampurkan ketiga warna tersebut?
Baca selanjutnya
1. Penipu Bernama, "Warna"

Yakin bahwa kalian mengenal seluruh warna di dunia ini? Yakin bahwa kalian peka terhadap perbedaan warna? saya yakin, setelah melihat gambar disamping, pikiran kalian akan berubah.
Jika kita perhatikan warna kedua balok (atas dan bawah) memiliki perbedaan warna, dimana bagian atas lebih gelap daripada bagian bawah. Percayakah kalian jika saya katakan, kedua balok memiliki warna yang sama?? Jika tidak percaya, coba tutup lekukan pada tengah balok dengan jari. Now, you see both of them has exactly same color!
Ilmuwan menyebut tipuan ini sebagai Lateral Inhibition.





2. (Tidak) Ada Warna Pada Benda


Perhatikan gambar disamping. Apa warna yang terkandung di dalam buah tersebut? Semua pasti setuju jika saya katakan hijau. Namun, apakah benar, warna yang terkandung didalam buah itu adalah hijau? Bagaimana jika sesungguhnya, warna yang terkandung didalam buah itu adalah merah?
Sesungguhnya, warna yang kita lihat pada benda-benda disekitar kita, bukanlah warna asli yang terkandung didalam buah tersebut. Warna yang nampak adalah pantulan warna pada cahaya putih yang tidak diserap oleh benda. Jadi, buah disamping tidak memiliki warna hijau. Buah itu MENGANDUNG semua warna di dunia kecuali hijau, karena hijau DIPANTULKAN oleh buah tersebut.

3. Buta Warna
Pernah mendengar istilah diatas? tentu sering sekali bukan. Buta warna adalah penyakit yang diturunkan melalui gen. Buta warna terjadi karena salah satu atau semua sel kerucut pada mata tidak berfungsi dengan baik. Namun, apakah benar, jika seseorang buta warna, maka dia hanya bisa melihat warna hitam dan putih? mari kita coba beberapa tes buta warna dibawah ini.

Perhatikan gambar disamping. Tes ini adalah tes Ishihara, diamana tes ini untuk melihat apakah mata kita mengalami buta warna. Jika kalian bermata normal, maka kalian dapat melihat angka 6 pada gambar.









Jika kalian perhatikan gambar disamping. Apa yang terlihat? Warna acak tidak beraturan? atau sebuah garis meliuk-liuk (wiggly)? Jika kalian tidak dapat melihat apapun, selamat, berarti kalian termasuk orang dengan mata normal.






Terakhir, perhatikan gambar disamping. Jika kalian bermata normal, kalian tidak dapat melihat angka apapun. Namun, jika kalian buta warna hijau-merah, kalian dapat melihat adanya angka 5.








Jadi, apakah kalian termasuk bermata normal atau buta warna?

Itu tadi beberapa fakta seputar warna. Tentu saja masih banyak fakta-fakta menarik lain seputar warna yang mungkin akan saya bahas di postingan berikutnya.




Label:
0 Responses

Posting Komentar