Unknown
Saya baru saja menyaksikan sebuah film mengenai hiu di sebuah channel TV. Ada yang menarik dari tingakah laku hiu tersebut, dia memakan saudaranya sendiri didalam rahim induknya. Cukup mengerikan bukan. Kenyataannya, hal itu dilakukan karena si hiu harus bisa beradaptasi dan bersaing di dalam rahim induknya,

Mengapa hal itu terjadi?
Biology Lettersmembuka jawabannya. Aksi kanibalisme ini dilakukan sebagai bentuk persaingan antargaris keturunan bapak di rahim. Di mana bayi dari bapak yang berbeda bersaing satu sama lain untuk dilahirkan sang ibu.
Biasanya, didalam rahim sang induk, terdapat 12 embrio yang hidup. Embrio yang terbesar akan mulai memakan embrio-embrio lain yang lebih kecil ukurannya.
Sebenarnya, ini juga merupakan strategi dari para pejantan agar keturunannya dapat terus hidup.

Bagaimana cara mereka melahirkan?
Hiu memiliki masa kehamilan dan cara melahirkan yang berbeda-beda. Hiu sejenis Blue shark, hiu martil, grey shark atau saw shark, melahirkan bayi mereka.

Hiu putih dan hiu macan membawa telur yang berisi janin. Saat bayi sudah siap untuk keluar, mereka akan keluar dari cangkang telur mereka (masih didalam tubuh induk) dan keluar menuju perairan.
Masa kehamilan ikan hiu juga berbeda-beda. Gray shark membutuhkan waktu kurang lebih satu tahun untuk melahirkan bayi-bayinya. Sementara pada jenis Curl shark, bisa membutuhkan waktu hingga dua tahun. Perbedaan masa kehamilan ini disebabkan oleh lamanya persaingan antar janin didalam rahim induknya. Selama masa kehamilan, janin hiu bersaing agar memperoleh kesempatan dilahirkan oleh induknya, caranya dengan memakan sesama saudara.

src: http://forum.viva.co.id/iptek/1923-tahukah-kamu-40.html
      http://nationalgeographic.co.id/media/daily/300/0/201305021648250/n/preview.jpg
Label:
0 Responses

Posting Komentar