Unknown
Hai... Hai, cukup lama juga tidak berkutat dengan Blog, maklumlah perlu mengerjakan banyak tugas :D
Postingan saya kali ini mengenai penyakit yang sering kali disebut cacat mental. Tapi penyakit ini bukanlah penyakit cacat mental atau autisme seperti yang dikira banyak orang. Penyakit ini dinamakan Sindrom Asperger. Mungkin sebagian dari kita belum pernah mendengar atau mungkin pernah mendengar tapi belum mengetahui apa dan seperti apa penyakit ini.

Sejarah penyakit ini

Penyakit ini pertama kali ditemukan di Austria berdasarkan pengamatan Dr. Hans Asperger yang meneliti 4 orang anak yang susah berkomunikasi dengan lingkungan sekitarnya dan tidak memiliki rasa empati. penelitian ini dilaksanakan pada tahun 1944. Namun, dari semua kekurangan yang dialami anak-anak tersebut, kenyataannya mereka memiliki tingakat kecerdasan yang tinggi, atau bisa dikatakan genius.
Apakah semua orang dengan penyakit Sindrom ini memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi?
Belum diketahui secara pasti, namun hampir semua anak yang mengidap penyakit ini memiliki tingkat kecerdasan yang tinggi bahkan diatas rata-rata anak normal.
Apa penyebab dari penyakit ini?
Cumine (1999, h.4) menyatakan penyebab Asperger ada kemiripan dengan gangguan Autisyaitu faktor hereditas (genetika), faktor komplikasi proses kehamilan atau persalinan, faktor neurochemical dan faktor neurological yang akhirnya menimbulkan disfungsi otak.

Ciri-ciri 
Berikut ini beberapa gejala dan ciri-ciri yang sering ditemui pada anak yang memiliki sindrom Asperger.
Gangguan Ketrampilan Sosial: Anak-anak yang terkena sindrom ini sangat sulit untuk berkomunikasi 
                                                     dengan lingkungan sosial disekitarnya, bahkan mereka cenderung tidak                                                          memiliki teman dan tidak mau berteman.
Tingkah laku diulang: Anak dengan sindrom ini cenderung melakukan hal-hal yang diulang-ulang atau                                              berbicara diulang-diulang. misalnya, saat mengatakan "Aku menyukai kucing,                                                kelinci, dan ikan. Sedangkan aku membenci anjing." mereka akan mengatakan                                              "Aku suka kucing dan kelinci dan ikan dan aku membenci anjing."
Susah berkomunikasi: Karena mereka tidak memiliki teman, maka mereka akan susah berkomunikasi.                                            bahkan teman-teman mereka akan cenderung menghindar karena anak dengan                                             sindrom ini tidak bisa mengekspresikan pembicaraan mereka. Anak dengan                                                   sindrom ini juga tidak bisa terlalu memahami ekspresi lawan bicaranya.
Genius: Anak dengan sindrom ini sering ditemukan sebagai anak yang pintar atau berbakat dalam bidang-                 bidang tertentu. Contohnya adalah Albert Einstein. Einstein merupakan salah satu penderita                           Asperger. Seperti kita ketahui, Einstein merupakan ilmuwan terkenal dengan teori-teori fisikanya.
(Perlu diingat: Gejala-gejala tersebut tidak selalu disebabkan karena seorang anak memiliki sindrom Asperger) 

Penanganan Sindrom 
Belum ada pengobatan khusus untuk menyembuhkan penyakit ini. Namun, bukan berarti penyakit ini tidak dapat ditangani. Berikut ini beberapa penanganan yang disarankan oleh para psikolog dan dokter spesialis anak.
Pendidikan Khusus: Yang dimaksud pendidikan khusus disini, bukan berarti kita menyarankan pendidikan                                   yang spesial dan melarang mereka berpendidikan seperti anak normal pada umumnya.                                  Tapi memberi bantuan khusus agar mereka dapat dengan mudah menerima pendidikan                                   yang dipaparkan di sekolah mereka.
Modifikasi Perilaku: Karena perilaku anak dengan sindrom Asperger cenderung berlebihan bahkan ada                                        yang memukul jika sedang merasa terganggu, perlu adanya penanganan khusus. Yang                                   dimaksud penanganan khusus adalah membantu mereka agar mereka lebih banyak                                        melakukan tindakan positif.
Terapi: Penanganan ini paling banyak disarankan karena lebih efisien dan terbukti dapat menangani perilaku              anak dengan sindrom Asperger. Terapi dapat dilakukan dengan bermacam-macam cara, biasanya                 bisa digunakan dengan terapi musik.

src: http://growupclinic.com/2013/05/05/kenali-gejala-dan-penanganan-sindrom-asperger-pada-anak/

Label:
0 Responses

Posting Komentar